Irfan Bachdim Dihukum Tiga Bulan

Skorsing Tiga Bulan untuk Irfan Bachdim

Irfan Bachdim akhirnya dijatuhi hukuman skorsing larangan bermain selama tiga bulan oleh Komisi Disiplin PSSI. Pemain berdarah Indonesia-Belanda itu dinilai bersalah karena mangkir dari latihan tim nasional U-23 yang tengah disiapkan untuk SEA Games bulan depan. Namun demikian, Irfan Bachdim diberi hak untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Wakil Ketua Komdis, Catur Agus Saptono mengatakan, hukuman itu dijatuhkan setelah komisi melakukan ivestigasi dan bersidang kemarin (24/10). “Sanksi ini kami putuskan bersama anggota komisi lainnya. Sanksi itu mulai berlaku sejak tanggal diputuskan,” kata Catur di Kantor PSSI, Senin. Namun, tak ada hukuman denda bagi striker Persema Malang itu.

Catur mengharapkan, hukuman itu juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi pemain lain. “Hukuman ini sebagai efek jera pada Irfan dan peringatan bagi pemain timnas lain,” katanya. Namun, keputusan ini juga mengundang kritik sementara pihak karena terkesan diskriminatif. Komdis PSSI tidak pernah memberi sanksi yang sama bagi striker tim nasional senior dan persipura Jayapura, Boaz Salossa, meski pemain ini berulangkali mangkir dari pelatnas dengan alasan keluarga.

Menurut hasil pemeriksaan oleh Komisi Disiplin, pemain Persema Malang itu terbukti tidak hadir dalam latihan timnas U-23 pada 16 Oktober lalu. Komisi menilai hal itu melanggar pasal 78 junto pasal 33 tentang kode etik dan disiplin.

Irfan seharusnya bergabung dengan timnas U-23 usai memperkuat timnas senior yang tampil melawan Qatar di Pra Piala Dunia 11 Oktober lalu. Namun, meski dijadwalkan harus bergabung pada 16 Oktober, Irfan tak menampakkan diri dan sulit dihubungi. Ia beralasan sedang sibuk shooting iklan dan harus mengurus itrinya yang sakit. Irfan lantas minta pelatih untuk menginjinkannya bergabung pada 23 Oktober. Permintaan ini ditolak pelatih Rachmad Darmawan.

Sikap Irfan itu dinilai Komdis sebagai pelanggaran disiplin. “Motivasi utama Irfan datang ke indonesia ingin menjadi pemain timnas. Jadi jika tidak patuh terhadap aturan, sangat pantas dia mendapatkan hukuman,” kata Catur.

Dengan sanksi itu, Irfan dipastikan tidak dapat memperkuat timnas di SEA Games.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: