IRFAN SIAP KE TIMNAS ASAL TETAP DI PERSEMA

Pemain berdarah Indonesia-Belanda, Irfan Bachdim, siap dipanggil kembali ke tim nasional Indonesia, baik tim U-23 untuk SEA Games maupun timnas senior. Tapi ia punya syarat, dirinya tetap di Persema Malang dan berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI).

“Saya tak mau pindah ke LSI (Liga Super Indonesia) sebagai syarat untuk memperkuat timnas,” katanya usai latihan di Malang, Rabu (06/3).

Irfan juga minta agar tidak ada diskriminasi antara pemain yang berlaga di LSI dengan LPI.

Irfan merasa sulit berpisah dengan Persema, karena Persema adalah klub yang berjasa cukup besar bagi dirinya hingga membuat namanya sangat populer saat ini. Maka dari itu, ia tak mau pindah ke klub lain sekalipun itu menjadi syarat untuk dipanggil masuk ke timnas Indonesia.

“Saya akan tetap di Persema, karena klub ini yang membesarkan saya sehingga banyak dikenal masyarakat luas,” kata pemain yang berposisi sebagai penyerang di klubnya dan timnas ini.

Sikap yang sama juga dinyatakan oleh rekan Irfan di Persema, Kim Jeffry Kurniawan. Pemain naturalisasi berdarah Indonesia-Jerman ini juga mengatakan siap untuk dipanggil masuk ke timnas Usia-23 yang dipersiapkan ke SEA Games tahun ini, tapi tidak mau merugikan klubnya, Persema Malang.

Untuk itu, ia tidak hanya menolak pindah ke klub lain (anggota LSI) demi memperkuat timnas, tapi juga menolak program pemusatan latihan jangka panjang yang rencananya akan dilakukan timnas. Katanya, pelatnas seperti itu sangat merugikan klub.

“Kalau di Eropa, training center hanya dilakukan seminggu,” kata cucu mantan pemain timnas Indonesia di era 1950-1960-an, Kwee Hong Sing ini.

Sampai saat ini, kedua pemain berdarah separoh Eropa ini memang belum menerima surat panggilan untuk memperkuat timnas Indonesia ke SEA Games, namun dipastikan namanya masuk dalam daftar yang akan dipanggil setelah LPI diputuskan masuk dalam supervisi PSSI oleh Komite Normalisasi yang menggantikan rezim Nurdin Halid di PSSI.

Keduanya menyatakan akan menyerahkan penuh keputusan kepada pelatih Persema, Timo Schuenemann, bila mereka dipanggil masuk timnas dan harus menjalani pelatnas jangka panjang.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: