PSSI Kalap, Bachdim pun Diintimidasi Agar Tinggalkan Klub

PSSI semakin kalap menghadapi Liga Primer Indonesia (LPI), saingan dari Liga Super Indonesia (LSI) miliknya. Semua jalan ditempuh untuk menghancurkan LPI sebelum membesar, antara lain dengan mengintimidasi para pemain tim nasional, seperti IRFAN BACHDIM, agar tidak mengikuti kompetisi yang digelar LPI. Irfan diancam dicoret dari tim nasional bila mengikuti langkah klubnya, Persema Malang, berlaga di LPI.

”Jika Irfan mau tetap membela timnas Indonesia, dia harus ikut kompetisi yang diakui oleh PSSI, yaitu Liga Super Indonesia,” kata sekjen PSSI, Nugraha Besoes. Menurutnya, pemain yang ikut klub LPI tidak bisa masuk tim nasional.

Hal senada juga diungkapkan oleh manajer tim nasional, Andi Darussalam Tabussala, orang kepercayaan ketua umum PSSI, Nurdin Khalid. Ia mengaku, telah memberitahu 22 pemain tim nasional Piala AFF 2010 bahwa pemain yang ikut LPI harus keluar dari tim nasional. ”Saya sudah beritahukan sikap PSSI terhadap kompetisi yang tidak dikenal itu (LPI) kepada mereka. Siapa yang ikut bergabung dengan klub peserta LPI, mereka tidak akan bisa membela tim nasional,” katanya tegas.

Intimidasi PSSI ini tentu saja membuat posisi Irfan Bachdim terjepit. Pasalnya, ia adalah pemain yang terikat kontrak selama satu tahun dengan Persema, dan klub itu kini meninggalkan LSI, memilih bergabung dengan LPI. Bila Irfan tak mau memperkuat Persema di LPI, maka ia berarti melanggar kontrak, dan itu ada konsekwensi hukumnya. Sebagai pemain profesional ia tentu harus menaati kontrak dengan klub, tapi di sisi lain ia benar-benar ingin memperkuat tim nasional Indonesia.

Jika Nurdin Khalid dan kawan-kawannya di PSSI mau berpikir jernih dan tidak menggunakan kekuasaan, mestinya kalaupun dihukum ya cukup Persema nya saja, bukan pribadi pemainnya. Sebab, pemain itu punya kewajiban menaati kontrak, dan saat kontrak. Lagipula, membela tim nasional itu merupakan hak dan sekaligus kewajiban pemain yang berkualitas, yang tidak boleh dijegal oleh pengurus PSSI atas dasar kekuasaan semata.

PSSI memang nampak berusaha menyelamatkan nasib para pemain tim nasional itu dengan kesiapan membantu Irfan dan lainnya untuk mencari klub baru dan menyediakan pengacara untuk menyelesaikan sengketa kontrak dengan klub. Tindakan ini tentu dikecam keras oleh pihak Persema, yang menganggapnya sebagai tidak mendidik dan intimidasi terhadap Irfan Bachdim.

”Niat PSSI untuk mencarikan klub baru bagi Irfan Bachdim hanya karena Persema memutuskan mengikuti LPI kami nilai sebagai intimidasi yang tidak mendidik, tidak benar, dan tidak baik bagi sepak bola Indonesia,” kata Pelatih Persema Malang, Timo Scheunemann.

”Setiap pemain memiliki hak untuk menentukan di klub mana ia akan bermain. Dan kalau prestasinya bagus, maka ia berhak dipanggil memperkuat tim nasional meski posisinya di pelosok negeri di pantai terpencil, atau bermain di klub mana pun,” kata Timo tegas.

Pemain lain yang juga terancam dicegat oleh PSSI masuk timnas adalah Kim Jeffrey Kurniawan yang baru saja dinaturalisasi, dan kini tengah negosiasi bergabung dengan Persema. Cucu mantan pemain nasional Indonesia di era 1950-an, Kwee Hong Sing ini sebelumnya tercatat sebagai warga negara Jerman.

Selain Persema Malang, ada dua klub lain yang mundur dari LSI dan memilih bergabung dengan LPI, yaitu Persibo Bojonegoro dan PSM Makassar, klub kebanggan kampung halaman Nurdin Khalid sendiri. Ketiga klub ini tidak puas dengan cara PSSI mengelola LSI dan khusus Persibo ditambah oleh tindakan kotor PSSI yang menahan-nahan hadiah sebagai juara Divisi Utama lalu.

Sebelum ini PSSI juga mengintimidasi para wasit, pengawas pertandingan, dan orang yang terkait dengan PSSI tetapi aktif dalam LPI. Bagi wasit dan pengawas pertandingan, PSSI akan melaporkan mereka ke FIFA dan AFC supaya dicabut lisensinya sehingga tidak bisa memimpin pertandingan.

Demikian juga dengan para agen pemain asing yang memasok pemain ke LPI akan dilaporkan ke FIFA supaya dicabut izinnya sebagai agen pemain.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: