IRFAN BACHDIM Pukau Penonton Lagi

Irfan Bachdim Usai Cetak Gol ke Gawang Laos

Striker muda tim nasional Indonesia, IRFAN BACHDIM, kembali menggoyang Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Sabtu (4/12) malam, saat tim Indonesia jumpa Laos. Gerakannya yang lincah dan penuh determinasi memukai puluhan ribu suporter yang memadati stadion. Apalagi ketika pemain berdarah Arab Indonesia dan Belanda itu mencetak gol keempat Indonesia, lewat kerja sama apik dengan tandemnya, Christian Gonzalez.

Teriakan “Irfan Bachdim-Irfan Bachdim” pun menggema berkali-kali setelah mantan pemain Ajax Amsterdam dan FC Utrecht, tim divisi utama Belanda, itu membobol gawang Laos dengan tendangan kaki kanan yang terarah.

Sebelumnya Indonesia unggul 3-0 ketika kapten firman Utina mencetak gol keduanya pada awal babak kedua. Di babak pertama Indonesia sudah memimpin 2-0 atas Laos, hasil gol Firman Utina lewat tendangan penalti di menit ke-28 serta dari Muhammad Ridwan di menit ke-34. Ini pertandingan kedua tim Indonesia di penyisihan grup A piala AFF Suzuki Cup 2010 di Jakarta.

Wasit memberikan tendangan penalti untuk Indonesia setelah striker debutan Indonesia Cristian Gonzales dijatuhkan oleh Saynakhonevieng Phommapanya di kotak penalti. Skor ini tak bertahan lama setelah  Muhammad Ridwan berhasil menjebol gawang Laos meski sempat ditahan oleh dua bek Laos di menit 33. Ridwan sebelumnya berhasil melewati bek dan penjaga gawang Laos, tapi kemudian ia terjatuh setelah ditahan kiper Sengphachan Bounthisanh. Untung dalam posisi sulit ia masih bisa menendang bola yang mengenai seorang pemain belakang Laos, dan bola meluncur ke gawang kosong. Indonesia pun memimpin 2-0.

Dalam laga kedua ini, Indonesia menurunkan formasi yang sama seperti saat menggilas Malaysia 5-1. Sejak peluit wasit berbunyi, Firman Utina dan kawan-kawan langsung bermain menyerang. Namun, Laos  pertahanan begitu ketat, membuat beberapa kesempatan yang dimiliki Indonesia terlepas.

Meskipun tertinggal 0-2, Laos juga sempat membahayakan daerah pertahanan tim Garuda. Pada menit ke-10, pemain tengah Laos Kanlaya Sysomvang hampir saja menjebol gawang Markus Harison. Beruntung bola yang ditendangkannya menyentuh mistar gawang.

Dua gol Indonesia lainnya dilesakkan oleh pemain pengganti Arif Suyono dan pemain sayap asal Papua yang lincah, Oktovianus Maniani.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: